Mobile Computing

 Pengakplikasian Mobile Commputing

Karakteristik Mobile Computing - Shofwhere.com

Mobile Computing biasa disebut dengan istilah komputasi bergerak. Secara awam artinya adalah membuat dan mengambil fasilitas komputer yang diperlukan dan perangkat lunak dan menjadikan nya secara utuh menyatu dan dipakai di luar ruangan. Mobile Computing merupakan paradigma dari teknologi yang mampu melakukan komunikasi walaupun user melakukan perpindahan. Merupakan kemajuan teknologi komputer, sering disebut sebagai mobile computer (portable computer) yang dapat berkomunikasi dengan jaringan tanpa kabel (nirkabel). Perlu diperhatikan Mobile Computing tidak sama dengan Wireless Computing.

Perangkat Mobile Ubiquitous

Ubiquitous Computing disebut sebagai gelombang ketiga dalam komputasi. Yang pertama adalah konsep mainframe, dimana sebuah mesin dipakai oleh banyak orang bersamaan (one computer, many people).Sekarang kita berada pada era personal computer (komputer pribadi) yaitu seseorang menggunakan masing-masing mesin yang dimilikinya (one person, one computer). Karena komputer menjadi semakin murah dan menjadi sangat lazim, selanjutnya akan datang masa Ubiquitous Computing dan menjadi era “one person, many computers”.
Mark Weiser menjelaskan Ubiquitous Computing merupakan sebuah model/konsep interaksi manusia-komputer yang paling canggih dan modern, dimana proses informasi keduanya diintegrasikan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, seseorang yang “menggunakan” Ubiquitous Computing melibatkan banyak sistem komputasi berikut device (peralatan/mesin)-nya, namun secara tidak sadar dia menggunakan peralatan tersebut dikarenakan sudah sangat membaur dengan lingkungannya. Model seperti ini adalah pengembangan dari paradigma desktop computing.
Ubiquitous Learning: Belajar di Manapun, Kapanpun, dan dengan Apapun

Inti dari model Ubiquitous Computing (yang juga sering disebut Pervasive Computing) melakukan pembagian resource (sumber daya) yang ringan, tidak mahal, dalam jaringan pemrosesan handal secara bersama-sama dan terdistribusi ke dalam semua aspek kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, sebuah lingkungan Ubiquitous Computing yang menghubungkan kontrol penerangan (lampu) dan pemanas ruangan dengan alat yang dipasang pada pakaian kita sehingga kondisi penerangan dan suhu ruangan dapat dimodulasi secara terus-menerus dan tak kentara.Sistem tersebut seharusnya “hilang” dari pandangan dan diluar alam sadar kita.Salah satu sistem Ubiquitous pertama adalah “Live Wire” milik Natalie Jeremijenko. Merupakan sebuah tali yag dipasangkan ke sebuah stepper motor dan dikendalikan melalui koneksi LAN yang menyebabkan tali tersentak/menegang sesuai kondisi dan traffic jaringan.
Ubiquitous Computing memberikan tantangan kepada cabang ilmu komputer : dalam pendesainan dan pemodelan sistem, dan dalam hal user interface. Model interaksi manusia-komputer yang sudah jadul seperti command-line (text-based), menu-driven, atau yang berbasis GUI tidak cocok dan tidak mencukupi untuk masalah Ubiquitous Computing. Interaksi “alami” yang dibutuhkan harus segera dimunculkan, meskipun banyak model yang sudah mendekati interaksi seperti itu seperti contohnya telepon selular, digital audio player, GPS, dan interactive whiteboard. 
 

Contoh Kegiatan yang Melibatkan Mobile Computing

Latifa's World: Komputasi Bergerak (Mobile Computing)

Setelah kita mengetahui mengapa kita membutuhkan mobile computing, kita bisa menyebutkan
mobile applications yang sudah ada saat ini. Diantaranya adalah :

1. Kendaraan(untuk pemantauan dan koordinasi, GPS)

    Global Positioning System (GPS) merupakan sebuah perangkat yang berguna untuk menunjukkan koordinat lokasi pada peta digital. Perkembangan GPS memang tidak secepat perkembangan perangkat lain, namun perangkat ini semakin banyak diperlukan dan digunakan. GPS sekarang dilengkapi dengan penunjuk arah dan panduan perjalanan agar pengguna dapat lebih mudah menemukan lokasi dan tidak tersesat. Tidak hanya berkutat pada lokasi saja, GPS juga dilengkapi denga wi-fi bahkan simcard sehingga pengguna dapat berinternet dan menjadikannya sebagai alat komunikasi. Dengan adanya konektifitas internet pada GPS, peta dapat diupdate dengan mudah dan otomatis. Media player juga banyak ditambahkan dalam GPS sehingga pengguna juga dapat memutar lagu dan video.
 

Permasalahan keterbatasan infrastruktur Mobile Computing

Facility Maintenance Software Mobile Application | InnoMaint CMMS

1. Kebutuhan Bandwidth jaringan yang besar

Kebutuhan akan mobilitas pada infrastruktur mobile computing memaksa infrastruktur ini untuk menggunakan jaringan nirkabel dengan beragam lebar pita jaringan (bandwidth), telah banyak teknologi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan jaringan nirkabel mulai dari GPRS, EDGE, hingga 4G bahkan 5G.

2. Standarisasi Keamanan

Beberapa teknologi memang sudah diterapkan dalam infrastruktur Mobile Computing dari sisi jaringannya, yaitu teknologi keamanan yang sudah sangat umum digunakan VPN (Virtual Private Network) dan beberapa sistem pengamanan lain, dalam infrastruktur Mobile Computing banyak celah untuk melakukan tindak kejahatan,sehingga perlu diperhatikan membuat rumitnya melakukan penjaminan kemanan yang baik dalam infrastruktur mobile computing.

3. Sumber Daya Energi

Perangkat mobile mempunyai kelebihan dimana perangkat mampu dibawa kemana-mana,

mudah untuk terkoneksi dan beragam kemudahan lainnya. Namun kenyataannya perangkat mobile memiliki sumber daya yang terbatas

4. Inteferensi dari sinyal atau gelombang lain

Memanfaat kan gelombang untuk dapat terhubung adalah ciri khas dari jaringan nirkabel, penghalang seperti dindingm gedung tinggi dan penghalang lain akan menghambat gelombang yang dipancarkan

5. Interaksi dengan User melalui aplikasi

sebagai pengguna kita memerlukan adanya kemudahan di dalam menggunakan aplikasi dan sistem operasi, kemudahan ini dapat ditunjang dari bagaimana user interface dirancang, disusun, dan diimplementasikan dengan tepat.

6. Keterbatasan Memori Penyimpanan

Kemampuan memori penyimpanan pada perangkat mobile sangatlah terbatas jika dibandingkan dengan perangkat komputasi seperti PC desktop.

 

Source : 

https://fajarhariawan.blogspot.com/2017/10/pengertian-dari-cloud-computing-mobile.html

https://ipankint.com/uncategorized/mobile/macam-macam-perangkat-komputasi-mobile/

https://widuri.raharja.info/index.php?title=Mobile_Computing

https://www.shofwhere.com/2021/04/karakteristik-dan-keterbatasan-mobile.html

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengaplikasian Konsep Client - Server di Perangkat Mobile

Sertifikasi Profesi

Tipe Sistem Mobile Computing