Pengakplikasian Mobile Commputing
Mobile Computing biasa disebut dengan
istilah komputasi bergerak. Secara awam artinya adalah membuat dan
mengambil fasilitas komputer yang diperlukan dan perangkat lunak dan
menjadikan nya secara utuh menyatu dan dipakai di luar ruangan. Mobile Computing
merupakan paradigma dari teknologi yang mampu melakukan komunikasi
walaupun user melakukan perpindahan. Merupakan kemajuan teknologi
komputer, sering disebut sebagai mobile computer (portable computer)
yang dapat berkomunikasi dengan jaringan tanpa kabel (nirkabel). Perlu
diperhatikan Mobile Computing tidak sama dengan Wireless Computing.
Perangkat Mobile Ubiquitous
Ubiquitous
Computing disebut sebagai gelombang ketiga dalam komputasi. Yang pertama adalah
konsep mainframe, dimana sebuah mesin dipakai oleh banyak orang bersamaan (one
computer, many people).Sekarang kita berada pada era personal computer
(komputer pribadi) yaitu seseorang menggunakan masing-masing mesin yang
dimilikinya (one person, one computer). Karena komputer menjadi semakin murah
dan menjadi sangat lazim, selanjutnya akan datang masa Ubiquitous Computing dan
menjadi era “one person, many computers”.
Mark Weiser
menjelaskan Ubiquitous Computing merupakan sebuah model/konsep interaksi
manusia-komputer yang paling canggih dan modern, dimana proses informasi
keduanya diintegrasikan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini,
seseorang yang “menggunakan” Ubiquitous Computing melibatkan banyak sistem
komputasi berikut device (peralatan/mesin)-nya, namun secara tidak sadar dia
menggunakan peralatan tersebut dikarenakan sudah sangat membaur dengan
lingkungannya. Model seperti ini adalah pengembangan dari paradigma desktop computing.
Inti dari
model Ubiquitous Computing (yang juga sering disebut Pervasive Computing)
melakukan pembagian resource (sumber daya) yang ringan, tidak mahal, dalam
jaringan pemrosesan handal secara bersama-sama dan terdistribusi ke dalam semua
aspek kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, sebuah lingkungan Ubiquitous
Computing yang menghubungkan kontrol penerangan (lampu) dan pemanas ruangan
dengan alat yang dipasang pada pakaian kita sehingga kondisi penerangan dan
suhu ruangan dapat dimodulasi secara terus-menerus dan tak kentara.Sistem
tersebut seharusnya “hilang” dari pandangan dan diluar alam sadar kita.Salah
satu sistem Ubiquitous pertama adalah “Live Wire” milik Natalie Jeremijenko.
Merupakan sebuah tali yag dipasangkan ke sebuah stepper motor dan dikendalikan melalui koneksi LAN
yang menyebabkan tali tersentak/menegang sesuai kondisi dan traffic jaringan.
Ubiquitous
Computing memberikan tantangan kepada cabang ilmu komputer : dalam pendesainan
dan pemodelan sistem, dan dalam hal user interface. Model interaksi
manusia-komputer yang sudah jadul seperti
command-line (text-based), menu-driven, atau yang berbasis GUI tidak cocok dan
tidak mencukupi untuk masalah Ubiquitous Computing. Interaksi “alami” yang
dibutuhkan harus segera dimunculkan, meskipun banyak model yang sudah mendekati
interaksi seperti itu seperti contohnya telepon selular, digital audio player,
GPS, dan interactive whiteboard.
Contoh Kegiatan yang Melibatkan Mobile Computing
Setelah kita
mengetahui mengapa kita membutuhkan mobile computing, kita bisa menyebutkan
mobile
applications yang sudah ada saat ini. Diantaranya adalah :
1. Kendaraan(untuk pemantauan dan koordinasi, GPS)
Global Positioning System (GPS) merupakan sebuah perangkat yang berguna
untuk menunjukkan koordinat lokasi pada peta digital. Perkembangan GPS
memang tidak secepat perkembangan perangkat lain, namun perangkat ini
semakin banyak diperlukan dan digunakan. GPS sekarang dilengkapi dengan
penunjuk arah dan panduan perjalanan agar pengguna dapat lebih mudah
menemukan lokasi dan tidak tersesat. Tidak hanya berkutat pada lokasi
saja, GPS juga dilengkapi denga wi-fi bahkan simcard sehingga pengguna
dapat berinternet dan menjadikannya sebagai alat komunikasi. Dengan
adanya konektifitas internet pada GPS, peta dapat diupdate dengan mudah
dan otomatis. Media player juga banyak ditambahkan dalam GPS sehingga
pengguna juga dapat memutar lagu dan video.
Permasalahan keterbatasan infrastruktur Mobile Computing
1. Kebutuhan Bandwidth jaringan yang besar
Kebutuhan akan mobilitas pada infrastruktur mobile computing memaksa infrastruktur ini untuk menggunakan jaringan nirkabel dengan beragam lebar pita jaringan (bandwidth), telah banyak teknologi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan jaringan nirkabel mulai dari GPRS, EDGE, hingga 4G bahkan 5G.
2. Standarisasi Keamanan
Beberapa teknologi memang sudah diterapkan dalam infrastruktur Mobile Computing dari sisi jaringannya, yaitu teknologi keamanan yang sudah sangat umum digunakan VPN (Virtual Private Network) dan beberapa sistem pengamanan lain, dalam infrastruktur Mobile Computing banyak celah untuk melakukan tindak kejahatan,sehingga perlu diperhatikan membuat rumitnya melakukan penjaminan kemanan yang baik dalam infrastruktur mobile computing.
3. Sumber Daya Energi
Perangkat mobile mempunyai kelebihan dimana perangkat mampu dibawa kemana-mana,
mudah untuk terkoneksi dan beragam kemudahan lainnya. Namun kenyataannya perangkat mobile memiliki sumber daya yang terbatas
4. Inteferensi dari sinyal atau gelombang lain
Memanfaat kan gelombang untuk dapat terhubung adalah ciri khas dari jaringan nirkabel, penghalang seperti dindingm gedung tinggi dan penghalang lain akan menghambat gelombang yang dipancarkan
5. Interaksi dengan User melalui aplikasi
sebagai pengguna kita memerlukan adanya kemudahan di dalam menggunakan aplikasi dan sistem operasi, kemudahan ini dapat ditunjang dari bagaimana user interface dirancang, disusun, dan diimplementasikan dengan tepat.
6. Keterbatasan Memori Penyimpanan
Kemampuan memori penyimpanan pada perangkat mobile sangatlah terbatas jika dibandingkan dengan perangkat komputasi seperti PC desktop.
Source :
https://fajarhariawan.blogspot.com/2017/10/pengertian-dari-cloud-computing-mobile.html
https://ipankint.com/uncategorized/mobile/macam-macam-perangkat-komputasi-mobile/
https://widuri.raharja.info/index.php?title=Mobile_Computing
https://www.shofwhere.com/2021/04/karakteristik-dan-keterbatasan-mobile.html
Komentar
Posting Komentar